Teras Fashion Runaway 2022 “Merupa Warna Melintas Masa”

Teras Malioboro 1 yang berlokasi menempati tanah eks bioskop Indra didepan pasar Beringharjo, hadir menjadi pusat oleh – oleh khas Jogja sekaligus menjadi destinasi wisata baru di kawasan Malioboro. Sejak februari 2022 Teras Malioboro 1 menjadi tempat pindahnya para pedagang kaki lima yang ke tempat baru yang lebih tertata, bersih dan lebih rapi dalam bentuk Gedung modern bernuansa kontemporer industrial berpadu dengan sentuhan classic Jogja pada beberapa bagian pelengkap seperti lampu jalan, gerobag dorong, serta aksen dan warna yg kalem.

Teras Malioboro 1 menjadi pusat fashion, aksesoris, makanan khas jogja seperti Gudeg, pecel jogja, dan oleh oleh khas jogja seperti Bakpia, Geplak dll. Dengan demikian Teras Malioboro 1 lahir sebagai wajah baru oleh – oleh jogja di Malioboro yang lebih nyaman dan memanjakan para wisatawan dengan tempat yang baru, tanpa kehilangan nuansa Malioboro seiring dengan penataan kawasan pedestrian Malioboro yang rapi, bersih dan menjadi semakin menyamankan wisatawan menikmati nuansa Malioboro. Para Wisatawan tidak akan sekedar belanja, namun dapat menikmati beberapa inspirasi kata- kata tentang jogja seperti “ Jogja terbuat dari rindu, pulang dan angkringan “ karya Joko Pinurbo, dan lainnya yang bisa didapat di Teras Malioboro 1, sehingga lebih tepat Teras Malioboro lahir sebagai “Wisata Belanjanya Jogja”.

Sebagai sentra oleh – oleh khas Jogja salah satunya adalah fashion, dimana jenis oleh – oleh ini merupakan buah tangan atau menjadi bukti yang banyak dicari wisatawan sebagai identitas telah berkunjung ke Jogja, maka kami Teras Malioboro 1 merasa perlu menaikan fashion agar menjadi salah satu unggulan Teras Malioboro yang di kenalkan secara tematik dan inspiratif melalui Teras Malioboro Runaway 2022 yang dilaksanakan pada Minggu 16 Oktober 2022 yang juga bertepatan dengan bulan Hari Batik nasional serta Ulang Tahun kota Yogyakarta ke 266. Melalui acara ini Teras Malioboro Fashion Runaway di harapkan menjadi media ekplorasi produk – produk unggulan yang di jual di Teras Malioboro 1 melalui sentuhan seniman dan artistic pelaku fashion sehingga semakin mengenalkan Teras Malioboro 1 dalam konsep yang menarik bahkan mungkin tidak terpikirkan dapat menjadi outfit pilihan, yang mampu bersaing di dunia fashion.

“Merupa warna, melintas masa” diambil sebagai dasar ekplorasi perpaduan outfit produk teras yang terus berkembang namun tetap membawa nuansa jogja sebagai dasar keunikan Teras Malioboro, yang diusung dalam berbagai mode (merupa warna) namun tetap identic dengan jogja terutama Malioboro (Melintas Masa). Acara ini di persembahkan oleh Teras Malioboro 1 berkolaborasi dengan pengamat fashion Indra Gunawan Alalea dan Nurlaila Latifah Layana Fashion Creative Course. Indra Gunawan mengangkat tema batik modern dalam sentuhan aplikasi mode baju yang mudah dipakai serta memiliki motif trending 2022 dan memiliki kekuatan warna yang cukup tegas, sehingga dapat menjadi pilihan fashion yang tetap up to date namun tetap bernuansa khas jogja, “Sebenarnya ketika kita dapat memilih baju yang tepat paduan, Teras Malioboro 1 bisa menjadi satu tempat belanja fashion yang oke loh, dengan harga yang relative sangat terjangkau lagi” ujar Indra Gunawan. Nurlaila Latifa yang akrab di panggil mba Ifa menambahkan “Dari segi pelaku usaha designer Teras Malioboro 1 bisa menjadi 2 inspirasi bisnis juga, satu sebagai referensi menciptakan model yang bernilai ekonomi dan sesuai dengan trend market, kedua bisa juga kedepan sebagai output rantai Kerjasama para designer jogja memasarkan produk yang semakin bercitra jogja, dan tentunya meningkatkan nilai ekonomi secara Bersama- sama”.

Teras Fashion Runaway 2022 menjadi embrio pertama dimasa akan datang yang akan bertumbuh besar, dengan semakin melibatkan berbagai pelaku fashion jogja. Dengan harapan perpaduan karya – karya fashion designer Jogja ini nantinya secara sosial ekonomi dapat membantu meningkatkan kegiatan ekonomi para tenant di Teras Malioboro 1. “Kedepan Teras Malioboro akan dapat menjadi bagian barometer fashion outfit yang menjadi pilihan para wisatawan baik local maupun luar daerah dengan tetap mencitrakan ciri khas Jogja, sekaligus dapat menjadi wadah peningkatan rantai Kerjasama ekonomi bidang fashion yang mengangkat UKM DIY baik reseller, maupun pelaku produksi fashion local berbasis UKM” tandas ibu Sri Nurkyatsiwi selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY melalui UPT Balay Layanan Bisnis UMKM Teras Malioboro 1.

Dengan diperagakan sebanyak sepuluh model dengan tiga kali jenis tampilan bernuansa Jogja Lurik, Outfit Liburan dan Special mode kreasi kain Jogja, akan menunjukkan berbagai inspirasi mode yang bisa menjadi pilihan para wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Acara ini juga melibatkan para pelaku fotografi dalam kompetisi foto catwalk, sehingga diharapkan juga membantu semakin mengangkat outfit yang dipamerkan di Teras Fashion Runaway “Merupa warna, melintas masa” terekam dalam foto yang sangat baik. Acara juga disuguhkan dengan penampilan music serta talkshow fashion (ab).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *