2023

PESTA GUDEG & PECEL KHAS MALIOBORO DI TERAS MALIOBORO

Bertepatan dengan liburan sekolah tahun ini kawasan Malioboro mulai dipadati wisatawan, untuk menyambut keramaian wisatawan tersebut, Teras Malioboro 1 sebagai tempat wisata dan belanjanya Jogja yang menempati ex Bioskop Indra yang saat ini menjadi salah satu pusat Kuliner Khas Malioboro yang terkenal dengan Gudeg – Pecel legend di Malioboro menggelar Pesta Gudeg Pecel Teras Malioboro di halaman Teras Malioboro 1. Acara ini adakan pada tanggal 1 sampai dengan tanggal 5 Juli 2023, jam 07.00 – 22.00 wib.

Seperti kita ketahui bersama, gudeg sendiri adalah makanan khas daerah Yogyakarta yang sudah ada sejak jaman dulu, yang bercita rasa unik dan khas berbahan utama nangka muda atau gori dalam penyebutan oleh warga lokal. Dalam prosesnya, potongan daging nangka ini diberikan bumbu rempah sederhana lalu direbus dengan gula merah dan santan dengan api kecil selama beberapa jam, hingga didapat kematangan yang tepat. Gudeg biasanya disajikan komplet bersama nasi, telur pindang, opor ayam, tahu atau tempe bacem, dan sambal goreng kerecek manis. Gudeg zaman sekarang juga tak hanya dibungkus besek, tapi juga dikemas dalam kaleng yang tahan lama untuk oleh-oleh. Gudeg menjadi semakin lezat jika ditemani teh panas, menjadikan nuansa Jogjakarta semakin kuat bagi yang menikmati wisata di Yogyakarta khusus nya yang sedang menikmati wisata di Malioboro baik di pagi hari maupun sore hari menjelang malam.

Selain Gudeg, Pecel juga lekat menjadi sajian di seputaran Kawasan Malioboro yang biasa menjadi favorit ketika wisatawan berada di Malioboro. Untuk menambah hangatnya suasana pengunjung dalam Pesta-Gudeg Pecel ini maka pengunjung dimanjakan dengan Promo Special Nasi Pecel Gorengan Rp 13.000,- Nasi Gudeg Telur Rp 15.000,- dan Nasi Gudeg Ayam Rp 23.000,- dengan GRATIS ES TEH juga JAM GRATIS GORENGAN (*s&k berlaku) setiap pagi dan malam, suasana yang Jogja banget akan semakin terasa dengan penampilan live music pada jam 16.00 – 21.00 WIB.

Pengunjung dan netizen Teras Malioboro pun juga dapat meramaikan acara dengan mengikuti kuis sosial media instagram @terasmalioboro_ dalam program instaQuiz Teras Malioboro dengan hadiah 3 Gudeg Kaleng Pincuk untuk masing – masing 3 orang pemenang. “Pesta Gudeg Pecel Khas Malioboro kali ini diharapkan mampu menjadi salah satu daya tarik pengunjung dalam kembali menghadirkan nuansa kenangan menikmati Kuliner Khas Malioboro yang sekarang telah hadir di Teras Malioboro 1, selain itu pengunjung juga dapat menikmati berbagai menu unggulan lainnya seperti berbagai bakso dan penyetan di di area kuliner dengan nyaman dan aman” ujar ibu Hellen Phornica, STP., M.Si selaku Kepala Balai Layanan Bisnis dan UKM DIY pengelola Teras Malioboro 1 dibawah naungan Dinas Koperasi dan UKM DIY.

Para pengunjung bisa merasakan menikmati kuliner dengan keasrian dan kebersihan lingkungan Teras Malioboro. Sembari berfoto dengan latar belakang bangunan yang unik ataupun sekedar melepas lelah dengan duduk duduk. Sedangkan bagi yang ingin berbelanja fashion, kerajinan dan pernak – pernik dan bakpia khas jogja dapat membeli produk – produk khas Malioboro di dalam gedung Teras Malioboro. Mari meriahkan Pesta Gudeg Pecel Khas Malioboro tanggal 1 -5 Juli 2023 di Teras Malioboro 1. Teras Malioboro #WisataBelanjanyaJogja (Joe & Bob).

Pasar Ngabuburit Teras Malioboro 1 manjakan wisatawan menjelang berbuka puasa

Bulan Ramadhan merupakan satu momentum yang sangat istimewa khususnya bagi saudara – saudari umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa menjelang kemenangan Hari Raya Idul Fitri. Yogyakarta sebagai destinasi wisata menyambut dan memeriahkan masa Ramadhan ini dengan berbagai kegiatan khas sore hari menjelang berbuka puasa atau biasa disebut Ngabuburit, istilah yang sudah tidak asing lagi bagi telinga kita semua. Ngabuburit dimanfaatkan oleh semua kalangan untuk mengadakan berbagai kegiatan menjelang berbuka puasa bersama keluarga, sahabat, teman, kenalan dan kolega. Momen inilah yang menumbuhkan banyak pasar Ramadhan di berbagai wilayah dengan segala brandingnya dengan menyajikan berbagai sajian kuliner sebagai menu khas berbuka puasa. Tentu saja hal ini mampu menumbuhkan perekonomian masyarakat yang mulai bangkit setelah adanya pandemic di tahun yang lalu.

Malioboro sebagai kota budaya dan pusat wisata oleh – oleh pun menawarkan syahdunya suasana petang menjelang berbuka dengan lampu – lampu kota khas jogja serta pertokoan yang dapat dikunjungi di sore hari sambal jalan – jalan menunggu berbuka puasa. Teras Malioboro 1 hadir memeriahkan Ramadhan dengan mempersembahkan Pasar Ngabuburit Teras Malioboro 1. Pasar ini diselenggarakan mulai tanggal 29 Maret sampai dengan 15 April 2023 dimana pedagangnya adalah para tenant Teras Malioboro 1. Pasar Ngabuburit menghadirkan berbagai macam produk makanan dan minuman unggulan Teras Malioboro 1 khas teman berbuka puasa mulai jam 15.30 sampai jam 19.30 wib. Minuman pelepas dahaga puasa dan makanan pengantar berbuka antara lain menghadirkan Es Dawet, Es Kuwut, Es Coklat & Permen Karet, Es Mocktail, Wedang Ronde, dipadukan dengan Aneka Jajanan Pasar, Sate Kere Khas Malioboro, Bakmi Capcay, Aneka Dimsum, dan masih banyak lagi.

Pasar Ngabuburit menjadi semakin semarak dengan adanya live music setiap Rabu dan Sabtu, menjadikan momentum berbuka puasa sambal  menikmati petang di Teras Malioboro 1 semakin seru. Tidak berhenti cukup di situ saja, para pengunjung dapat meneruskan berbuka bersama keluarga dengan aneka makanan berat unggulan Teras Malioboro 1 seperti Bakmi Jawa, Gudeg – Pecel khas depan Pasar Beringharjo, Bakso Tetelan, Aneka Penyetan Bakar – Goreng dan banyak lagi di area selasar outdoor ataupun gedung sentra kuliner Teras Malioboro 1.

Kepala UPT Balai Layanan Bisnis Ibu Hellen Phornica menyampaikan bahwa “Pasar Ngabuburit Teras Malioboro 1 ini merupakan bagian dari strategi Teras Malioboro 1 menangkap momen Ramadhan 1444 H sebagai bagian melengkapi para wisatawan yang berkunjung Ngabuburit dikawasan Malioboro dapat menikmati suasana jantung kota Yogyakarta sekaligus menikmati makanan khas Jogja untuk menjalankan kewajiban berbuka puasa dengan makanan khas Malioboro di Teras Malioboro 1, sehingga pengunjung Malioboro tidak perlu khawatir untuk mencari menu berbuka puasa sekaligus menikmati suasana jogja”. Beliau juga menambahkan, “Tunggu juga berbagai tawaran menarik promo dan activity kami selanjutnya, yaitu momen dalam memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Kami siap melayani kunjungan para wisatawan bersama keluarga sebelum kembali ke tempat kerja masing – masing setelah lebaran”.

Selama Pasar Ngabuburit Teras Malioboro 1 berlangsung, para pengunjung maupun netizen dapat ikut memeriahkan sosial media @terasmalioboro_ dengan berbagai quiz menarik pengisi waktu luang puasa berhadiah berbagai produk Teras Malioboro 1 yang semakin seru berbungkus Mistery Box. Bagi anda yang belum follow dapat mencari sosmed @terasmalioboro_ di IG untuk terus update dan mengikuti quiz – quiz menarik dari Teras Malioboro 1.

            Anda juga dapat menikmati beberapa spot foto terbaru di Teras Malioboro 1 , sebelum banyak yang tahu, penasaran kan !?. Yuk, kunjungi Teras Malioboro 1 di kawasan Malioboro depan Pasar Beringharjo, Teras Malioboro 1 Wisata Belanjanya Jogja (joe).

Perayaan HUT ke-1 Teras Malioboro

Teras Malioboro 1 akan menggelar Perayaan Ulang Tahun pertamanya sejak relokasi terjadi dari kawasan Jalan Malioboro. Perayaan Ulang Tahun Teras Malioboro 1 ini akan dilaksanakan dengan berbagai rangkaian kegiatan baik yang bersifat ceremonial, budaya, entertaiment, sosial activity dan pameran produk unggulan tenant Teras Malioboro 1 yang akan berlangsung selama 1 pekan di mulai dari tanggal 7 – 12 Februari 2023.

Perayaan Ulang Tahun Teras Malioboro 1 ini mengusung tema “Edipeni Loh Jinawi” yang memiliki makna bagaimana kita menghargai diri sendiri dengan semakin erat dan berkolaborasi positif dalam menjaga, mengembangkan dan membuahkan usaha bersama (edipeni) guna memajukan Teras Malioboro 1 yang kedepannya diharapkan menjadi semakin baik dan semakin diminati pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia bahkan turis asing. Sehingga akhirnya nanti akan bisa mewujudkan pembelian berulang dan meningkatkan kesejahteraan tenant itu sendiri (loh jinawi).

Rangkaian Kegiatan perayaan Ulang Tahun Teras Malioboro 1 akan dibagi menjadi beberapa hari kegiatan inti yang nantinya akan memiliki agenda acara yang berbeda-beda, meliputi pameran produk tenant yang akan dilakukan selama 3 (tiga) hari dimulai dari tanggal 10 – 12 Februari 2023, dan acara utama akan dilakukan selama 2 (dua) hari yaitu tanggal 7 dan 9 Februari 2023.

Adapun acara utama puncak Ulang Tahun Teras Malioboro 1 nantinya akan menyajikan berbagai kegiatan  yang meliputi acara ceremony budaya, do’a bersama, kegiatan sosial, entertaining artis, launching progam dan inovasi serta tamu undangan khusus Pimpinan Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki keterkaitan langsung dengan Teras Malioboro 1.

Dengan adanya perayaan Ulang Tahun Teras Malioboro 1 ini akan menjadi ajang untuk bisa mempromosikan Teras Malioboro 1 kepada masyarakat luas, untuk semakin tahu tentang Teras Malioboro 1. Kegiatan perayaan ini juga akan memberikan banyak dampak positif  kepada para tenant baik secara langsung maupun tidak langung. Serta sebagai wujud apresiasi kilas balik dan tujuan besar Teras Malioboro 1 dimasa yang akan datang.

Perjalanan Teras Malioboro 1 untuk kedepannya masih panjang, agar semakin baik dan dapat menghadapi tantangan bisnis pasar. Maka sangat penting terjadi sinergi dari berbagai pihak baik Tenant UMKM dengan Pemerintah melalui Dinas Koperasi dan UKM DIY melalui UPT Balai Layanan Bisnis UMKM DIY serta dengan Praktisi dan lembaga Pendidikan sehingga terwujud kesejahteraan bersama dan kebermanfaatan berbagai lembaga sebagai bagian mewujudkan Daerah Istimewa Yogyakarta dan negara Republik Indonesia yang Berdaulat, Adil dan Makmur.

Pengunjung diharapkan dapat berpartisipasi secara langsung untuk memeriahkan Perayaan Ulang Tahun  Teras Malioboro 1 ke lokasi yang bertempat di depan Pasar Beringharjo persis, atau biasa juga lebih mudah berada disisi utara “Ngejaman” yaitu pertigaan dengan jam besar penunjuk waktu di depan komplek Pasar Sore. Pengunjung juga bisa mendapatkan informasi secara uptodate melalui sosial media maupun website Teras Malioboro 1 di @terasmalioboro_ atau www.terasmalioboro.jogjaprov.go.id.