5 Pusat Oleh-Oleh Jogja Terpopuler

Pusat oleh-oleh – Yogyakarta atau sering disebut Jogja merupakan daerah istimewa dan destinasi wisata terfavorit di Indonesia setelah Bali tentunya menawarkan berbagai macam pesona keindahan dan keunikan-keunikan di dalamnya yang membuat kamu yang mengunjunginya menjadi nyaman dan takkan bisa melupakannya. Berbagai jenis wisata banyak ditawarkan di Jogja mulai dari wisata budaya, sejarah, alam sampai wisata minat khusus.

Karna Jogja dikenal sebagai tempat wisata favorit, tentunya Jogja menawarkan berbagai macam oleh-oleh menarik yang banyak dijajakan pada pusat oleh-oleh yang ada di wilayah Jogja.

Daftar Pusat Oleh-oleh Jogja

Dari sekian banyak pusat oleh-oleh di Jogja, terdapat beberapa yang masuk dalam list terpopuler di Jogja. Berikut kami rangkum 5 pusat oleh-oleh terpopuler di Jogja :

  1. Kawasan Malioboro
pusat oleh-oleh
Jalan Malioboro

Malioboro merupakan pusat oleh-oleh paling identik dengan Yogyakarta. Hal itu membuat Malioboro menjadi landmark dan paling sering menjadi tujuan berburu oleh-oleh ketika di Jogja.

Andre The Dragon (Added Sound) clenbuterol for sale enduro force : will it promote muscle mass growth? read now!

Malioboro merupakan pusat perbelanjaan dengan jajanan/kuliner, pakaian dan batik, kerajinan tangan, hingga aneka oleh-oleh khas Jogja di sepanjang jalannya. Bahkan ketika matahari mulai terbenam, daya pikat Malioboro semakin bertambah. Warna-warni lampu di jalan ini semakin memperindah pemandangan kota Jogja. Serta diiringi dengan alunan musik tradisional khas Jawa yang semakin memikat wisatawan.

  1. Pasar Beringharjo
pusat oleh-oleh
Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo ini menjual berbagai pilihan batik khas Jogja, kerajinan seni, makanan, oleh-oleh khas hingga barang antik juga tersedia.

Banyak wisatawan yang menghabiskan waktu disini untuk berbelanja. Karna di pasar ini menjajakan beraneka ragam buah tangan dengan lengkap. Adapun harga yang ditawarkan bervariasi dan kamu juga bisa melakukan proses “tawar menawar”.

  1. Bakpia Pathok 25
Bakpia Pathok 25

Bakpia Pathok menjadi salah satu buah tangan populer yang paling diincar. Bakpia Pathok 25 merupakan tujuan utama kaitannya dengan aneka oleh-oleh khas Jogja. Bagi warga Jogja, tempat itu begitu melegenda, hingga banyak masyarakat yang dengan mudah memberikan petunjuk arah ke lokasi ini kepada setiap turis yang bertanya. Usaha ini berdiri sejak 1948 dan diwariskan secara turun-temurun. Bakpia Pathok 25 ini berlokasi di Jl. AIP II KS Tubun, Desa Pathuk (persis di belakang Jl. Malioboro).

Sekarang Bakpia Pathok 25 ini sudah memiliki lima cabang yang tersebar di kota Jogja. Keunikan yang dimiliki pusat oleh-oleh ini adalah kamu bisa menyaksikan langsung pembuatan bakpia pathok di pabriknya. Toko Bakpia Pathok 25 ini menyediakan berbagai oleh-oleh khas Jogja seperti Bakpia, Yangko, Geplak dan masih banyak lagi.

Selain itu, pusat oleh-oleh ini juga menjual produk bakpia berbagai varian rasa seperti original, kacang hijau, keju, coklat, nanas, durian, ubi ungu dan kacang merah. Adapun harga satu kotak bakpia ini adalah Rp. 30.000 sampai Rp. 35.000.

  1. Dagadu Jogja
Dagadu Jogja

Jogja memiliki brand fashion yang sudah cukup populer yaitu Dagadu Jogja. Dagadu menjual kaos bermacam desain yang unik dengan harga yang terjangkau. Ciri khas produk ini terletak pada desain dengan tulisan kata-kata humor, kritis dan berbeda dari yang lain.

Tidak hanya menjual kaos, pusat oleh-oleh Jogja satu ini menjual produk lain sebagai oleh-oleh khas Jogja. Bagi wisatawan yang mencari buah tangan unik bisa mampir ke Dagadu Jogja.

  1. Desa Wisata Kasongan 
Desa Wisata Kasongan

Kalau kamu mau cari barang kerajinan, mungkin kamu perlu datang ke Desa Wisata Kasongan. Karena disini kamu bisa melihat berbagai macam aneka barang kerajinan berupa gerabah dan barang antik yang diproduksi sendiri oleh warga Kasongan.

Semua gerabah dan produk-produk yang ada disini dibuat sendiri oleh warga menggunakan tanah liat sebagai bahan dasarnya. Nah, kalau kamu penasaran sekali dengan proses pembuatannya, coba pergi ke Desa Wisata Kasongan yang berlokasi di Jalan Raya Kasongan. Selain gerabah, kamu juga bisa menemukan peralatan masak atau vas bunga

Nah, itu dia 5 pusat oleh-oleh Jogja terpopuler. Kalau kamu sudah tahu pusat oleh-oleh Jogja yang terpopuler, kamu juga harus tahu juga pusat oleh-oleh satu ini yang pastinya populer dan asyik banget untuk dikunjungi yaitu Teras Malioboro 1

Sekilas Teras Malioboro 1

pusat oleh-oleh
Teras Malioboro 1

Jika kita berkunjung ke Yogyakarta, disana terdapat tempat yang merupakan ikon wisata belanja terbaru yang lokasinya tepat di salah satu destinasi wisata terfavorit di Yogyakarta yaitu Kawasan Jalan Malioboro. Tempat itu tak lain adalah Kawasan Teras Malioboro 1 yang merupakan tempat relokasi seluruh pedagang kaki lima (PKL) yang sebelumnya berjualan di sepanjang Jalan Malioboro.

Kawasan Teras Malioboro 1 ini diresmikan pada tanggal 26 Januari 2021 oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X bersama Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dalam acara “Wilujengan” dan menempati eks gedung bioskop Indra yang berlokasi di Jalan Margomulyo seberang pasar Beringharjo.

Dengan arsitektur bangunannya yang megah dihiasi ornamen tradisional Yogyakarta, serta dengan halamannya yang cukup luas dan rapi. Membuat Kawasan Teras Malioboro 1 ini menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi oleh masyarakat dan wisatawan dalam rangka berbelanja, berswafoto, dan bahkan hanya untuk sekedar bersantai ria saja menikmati kenyamanan Yogyakarta.

Bertemakan industrial modern, Kawasan Teras Malioboro 1 adalah tempat berbelanja yang nyaman dan bersih dilengkapi dengan eskalator, lift, spot menikmati kuliner dan spot foto yang estetik serta instagramable. Agar lebih nyaman, pengunjung dapat mencatat lokasi-lokasi parkir yang berdekatan dengan Kawasan Teras Malioboro 1. Kantong parkir di Jalan Beskalan, Parkir Selatan Pasar Beringharjo, Parkir depan Taman Pintar, Parkir depan Shopping Center-TBY, adalah rekomendasi tempat parkir motor dan mobil pribadi terdekat dari Teras Malioboro 1.

Kawasan Teras Malioboro 1 ini ditempati oleh berbagai macam PKL yang banyak menawarkan berbagai macam jenis dagangan yang pastinya akan membuat tertarik para pengunjung untuk membelinya. Mulai dari aneka kuliner tradisional Yogyakarta, cemilan, sampai makanan khas Timur Tengah seperti kebab.

Kemudian para PKL di Kawasan Teras Malioboro 1 ini juga pastinya banyak menawarkan berbagai macam produk yang unik dan menarik seperti pakaian tradisional khas Jawa mulai dari batik, sorjan, blangkon, dan tidak ketinggalan juga para PKL di Kawasan Teras Malioboro 1 yang juga banyak menawarkan berbagai macam aneka T-Shirt bertemakan Yogyakarta.

T-Shirt yang banyak ditawarkan para PKL ini juga berkualitas baik dengan desain yang kekinian dan sangat cocok untuk dipakai oleh para kawula muda. Tak ketinggalan juga, berbagai macam aksesoris dan souvenir yang ditawarkan seperti aneka macam kerajinan kulit seperti dompet dan sabuk, gantungan kunci, hiasan dalam ruangan, serta berbagai macam miniatur yang berkaitan dengan Yogyakarta dan otomotif.

Setiap hari, Kawasan Teras Malioboro 1 ini ramai dikunjungi oleh berbagai macam pengunjung baik dari masyarakat Yogyakarta, wisatawan dari berbagai macam daerah di Nusantara, bahkan wisatawan mancanegara. Sejak pertama didirikannya, Kawasan Teras Malioboro 1 ini diharapkan dapat memajukan sektor UMKM di Yogyakarta terutama dengan adanya program unggulan Dinas  Koperasi dan UKM DIY yaitu SiBakul Jogja.

4 Replies to “5 Pusat Oleh-Oleh Jogja Terpopuler”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *