Festival Oleh-Oleh Meriahkan Akhir Tahun

Teras Malioboro 1 adalah tempat beraktifitas ekonomi para tenant baik fashion, kerajinan tangan maupun kuliner yang dahulu ada di sepanjang jalan Malioboro. Sejak dibukanya Teras Malioboro 1, Tempat ini selalu berkomitmen untuk menjadi tempat favorit dan iconic bagi para wisatawan yang berkunjung di daerah Malioboro pada setiap musim liburan. Pada bulan November dan Desember merupakan bulan dengan jumlah kunjungan wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta cukup tinggi, khususnya di daerah Malioboro yang menjadi salah satu tempat favorit dan destinasi terakhir untuk menikmati musim liburan setelah puas mengunjungi berbagai lokasi wisata di Yogyakarta.

Berangkat dari hal tersebut, Pemasaran dan Promosi Balai Layanan Bisnis UKM DIY, menyelenggarakan Festival Oleh – Oleh Teras Malioboro 1 guna menyambut musim liburan akhir tahun 2022 dan memanjakan para wisatawan. Festival Oleh-Oleh Teras Malioboro 1 ini akan diselenggarakan mulai dari tanggal 26 November 2022 – 4 Desember 2022 di Halaman depan Teras Malioboro 1.

Atas arahan Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Ibu Ir. Srie Nurkyatsiwi M.M.A melalui Kepala Balai Layanan Bisnis UMKM DIY ibu Hellen Phornica, STP., M.Si menyampaikan “bahwa dalam penyelenggaraan Festival Oleh-Oleh Teras Malioboro 1 tahun ini, pihaknya mencoba menyajikan festival oleh-oleh guna menyambut musim liburan akhir tahun ini, sekaligus untuk memperkenalkan secara terus menerus kepada para wisatawan yang sedang berkunjung di Malioboro adanya tempat baru berkonsep “Wisata Belanjanya Jogja” yaitu tempat dimana pengunjung bisa berbelanja sekaligus berwisata yakni Teras Maliboro 1”.

Rangkaian Festival Oleh-Oleh Teras Malioboro 1 tahun ini akan dimulai pada Tanggal 26 November 2022 pukul 10.00 WIB, pembukaan acara diramaikan dengan penampilan artis penyanyi Woro Widowati dan tentunya beberapa pertunjukan kesenian khas Yogyakarta. Festival Oleh – oleh Teras Malioboro 1 ini dibagi dengan 3 kategori oleh – oleh antara lain:  26 – 28 November 2022 bertemakan Teras Malioboro Culture Fest yaitu stand yang terdiri dari stand fashion, topi, sepatu, dan bakpia, lalu 29 November 2022 – 1 Desember 2022 bertemakan Festival Kerajinan Teras Malioboro didukung pentas kesenian daerah, oleh – oleh yang terdiri dari stand batu mulia, kerajinan kayu, pernak pernik, bantal, lukisan dan pada 2 – 4 Desember 2022 yaitu bertemakan Festival Masakan Teras Malioboro, meliputi stand yang terdiri dari gudeg pecel, street food, bakmi serta lainnya, dan pada hari terakhir festival ditutup dengan Masak Besar GRATIS 1000 Nasi Goreng.

Ibu Hellen Phornica, STP., M.Si mengungkapkan festival Oleh-Oleh ini terbagi menjadi beberapa bagian yaitu Kuliner, craft, dan Fashion, bertujuan agar acara ini dapat berlangsung meriah dan dapat memperkenalkan semua jenis dagangan yang ada didalam Teras Malioboro 1, yaitu beberapa jenis makanan khas Malioboro yang akan di sajikan dalam acara tersebut, hal ini sekaligus memperkenalkan beberapa jenis fashion dari lantai 1 sampai lantai 3, dan adapula beberapa kerajinan tangan mulai dari aksesoris, cinderamata, batu mulia, dan oleh-oleh lainnya. Para wisatawan tidak perlu khawatir atas mode pembayaran di Teras Malioboro 1, karena sebagian besar para tenant telah terdaftar QRIS system untuk memudahkan transaksi pengunjung.

“Untuk menyemarakan Festival Oleh-oleh tahun ini, kami bekerjasama dengan media massa, beberapa influencer dan beberapa radio di Yogyakarta. Tujuannya agar festival Oleh-oleh Teras Malioboro 1 dapat tersampaikan keseluruh lapisan Masyarakat Indonesia khususnya Daerah Yogyakarta” ujar kepala Balai Layanan Bisnis UMKM DIY.

Festival Oleh – oleh Teras Malioboro 1tahun 2022 diharapkan dapat menarik minat para wisatawan dan memperkenalkan Teras Malioboro 1 di mata para wisatawan local maupun manca negara serta dapat menciptakan sebuah romansa Yogyakarta sebagai sebuah kota yang selalu punya cara membawa wisatawan ingin kembali ketempat ini. Tempat yang dimana terdapat beberapa sudut-sudut yang akan menjadi obat kerinduan kembali ke Jogja khususnya Teras Malioboro 1. Seperti kata – kata pujangga Yogyakarta di beberapa titik area foto yang menggambarkan keindahan dan kenyamanan saat berlibur di malioboro. Festival Oleh-Oleh teras maliobro 1 akan menciptakan sebuah kerinduan saat berlibur di Kota Jogja, pengalaman dan kenangan akan menjadikan tempat ini sebagai bagian dan salah satu tujuan wisatawan yang saling merindu atau mengukir sebuah cerita baru (ab).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *