“MERAH PUTIH CARNIVAL” KEMERIAHAN PERAYAAN DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-77DI TERAS MALIOBORO 1

Merah Putih Carnival Teras Malioboro

Merah Putih Carnival – Setiap orang di Indonesia tahu bahwa bulan yang paling meriah di Indonesia setiap tahunnya adalah Bulan Agustus. Alasannya adalah karena seluruh warga di berbagai penjuru Indonesia sangat antusias sekali untuk menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

Berbagai macam cara mereka untuk merayakan hari ulang tahun tersebut. Bukan hanya menghias dan mendekorasi rumah, kampung dan wilayahnya dengan berbagai pernaik-pernik hiasan dan atribut khas 17-an, di berbagai daerah juga sering diselelnggarakan tradisi lainnya yang membuat perayaan tersebut semakin meriah. Tidak cukup dengan itu, berbagai macam lomba dan berbagai festival perayaan kemerdekaan juga turut meramaikan segala penjuru wilayah tanah air.

Setelah dua tahun tidak merasakan perayaan kemerdekaan, tibalah tahun ini masyarakat bisa merayakannya kembali. Memang tak dapat dipungkiri, pandemi covid-19 membuat sebagian masyarakat merindukan kemeriahan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia. Indonesia yang sudah mulai pulih dari pandemi covid-19 telah berhasil menghadirkan kembali berbagai kegiatan yang sempat hilang selama dua tahun. Maka sekarang, semua warga Kembali menggenggam semangat, Indonesia siap untuk bangkit lebih kuat.

Teras Malioboro 1 mengadakan “MERAH PUTIH CARNIVAL”

Merah Putih Carnival

Kemeriahan perayaan ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia juga turut dirasakan oleh Teras Malioboro 1 yang di dalamnya terdapat para tenant yang dulunya berjualan di sepanjang kawasan Malioboro. Sejak memasuki Bulan Agustus, antusias pengelola dan para tenant Teras Malioboro 1 sudah terlihat dengan kegiatan menghias Kawasan Teras Malioboro 1. Sebagai puncak acara perayaan kemerdekaan, Teras Malioboro 1 mengadakan “MERAH PUTIH CARNIVAL” yang diadakan mulai tanggal 14 hingga 22 Agustus 2022. Kegiatan perayaan kemerdekaannya adalah sebagai berikut :

  1. Tanggal 14 Agustus 2022 Lomba Fun Colouring Mamamia. Lomba mewarnai ini dikhususkan bagi anak-anak untuk meningkatkan kreatifitas.
  2. Tanggal 15 Agustus 2022 Lomba Senam Sehat Ibu-ibu DIY. Lomba ini diikuti oleh ibu-ibu se-DIY yang tergabung dalam kelompok sanggar senam.
  3. Tanggal 16 Agustus 2022 Gotong royong Bersih Teras dan Lomba 17-an Paguyuban. Tanggal tersebut bertepatan dengan hari Selasa Wage dimana para tenant Teras Malioboro 1 mempunyai kebiasaan bergotong-royong membersihkan Teras Malioboro 1 seperti kegiatan yang biasa mereka lakukan dulu sejak berjualan di sepanjang Kawasan Malioboro. Kemudian dilanjutkan lomba antar paguyuban Teras Malioboro 1 untuk menambah semarak perayaan kemerdekaan. Selain itu rangkaian kegiatan tersebut mampu menambah suasana kekeluargaan antar tenant dan antar paguyuban di Teras Malioboro 1. Acara perayaan tanggal 16 Agustus ini diakhiri dengan live music special yaitu Pop Java Mix Music Spesial Selasa Wage. Dalam kegiatan ini turut serta para pengunjung ikut meramaikan dan menambah semaraknya perayaan kemerdekaan.
  4. Tanggal 17 Agustus 2022 Promo Merdeka. Kegiatan ini selain diisi dengan adanya banyak promo diskon belanja, juga diadakan lomba antar paguyuban Teras Malioboro 1, antara lain makan kerupuk, estafet tepung, lomba karaoke dan tarik tambang.
  5. Tanggal 18 Agustus 2022 masih rangkaian promo diskon yaitu Bakpia Special Price, dimana harga 6 box bakpia hanya Rp. 50.000 saja. Selain itu masih terdapat juga perlombaan yang diikuti oleh para tenant, antara lain lomba karaoke, lomba memasukkan pensil dalam botol dan lomba lari kelereng.
  6. Tanggal 19 Agustus 2022 terdapat tiga agenda kegiatan kemeriahan, yaitu Senam Pagi Merah Putih, Jumat Berkah Merah Putih dan Merah Putih Teras Zumba Party. Senam Pagi Merah Putih merupakan senam bersama yang diikuti oleh pengelola dan para tenant. Senam ini sebenarnya merupakan kegiatan rutin setiap Jumat pagi. Para pengunjung pun juga boleh mengikuti agar kegiatan ini semakin meriah. Jumat Berkah Merah Putih merupakan kegiatan berbagi makanan dan minuman gratis kepada masyarakat. Kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap Hari Jumat setelah solat Jumat. Para tenant bersama-sama membuat makanan dan minuman kemudian membagikannya kepada siapa saja secara gratis setelah dilakukan doa Bersama. Mereka berharap dengan adanya kegiatan ini menambah keberkahan dan mempererat hubungan baik sesame. Kegiatan diakhiri dengan Merah Putih Teras Zumba Party pada sore harinya. Banyak sekali masyarakat yang antusias mengikuti kegiatan ini sehingga memadati kawasan Teras Malioboro 1.
  7. Tanggal 20 Agustus 2022 Pesta Rakyat Simpedes BRI. Kegiatan ini merupakan hasil Kerjasama antara Bank BRI dengan Teras Malioboro 1. Dalam kegiatan ini diadakan kegiatan event pentas lagu bersama penyanyi Brian Jikustik, senam bersama oleh Momo Dance Encore ft. Bhatara Etnic dan kegiatan Bazaar UMKM.
  8. Tanggal 22 Agustus 2022. Sebagai puncak acara diadakan lomba karaoke bagi para tenant. Hanya saja pemenang lomba merupakan peserta yang nyanyiannya paling fals, sehingga hal ini membuat semakin meriah perayaan kegiatan 17-an di Teras Malioboro 1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *